Pengenalan MS. Word (Mengenal Jendela dan Menu-menu
pada MS. Word)
Microsoft word 2007
merupakan salah satu aplikasi yang disediakan dalam Microsoft Office 2007.
Berbeda hal nya dengan Microsoft word 2003 microsoft word 2007 memiliki
beberapa keunggulan dan kemudahan dalam membantu kita mengerjakan pekerjaan
tulis-menulis ,misalnya menulis document, surat, famplet, kartu nama,
brosur,dll dengan lebih baik.
Microsoft word 2007 telah
mengalami perkembangan dan perbaikan yang lebih baik dari versi sebelumnya
yaitu word 2003. Pada tutorial kali ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana
memaksimalkan penggunaan Microsoft word 2007.
Memulai
menggunakan Word 2007
Untuk menggunakan dan mengaktifkan
word 2007 dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut :
1. Klik menu START pada
taskbar
2. Klik All Programs → Microsoft Office → Microsoft Office Word 2007
Mengenal
Bagian Dokumen / Interface
1.
Tombol Office adalah tombol yang terdiri dari perintah-perintah
standar seperti membuka dokumen, menyimpan dokumen dsb
2.
Quick Access Toolbar adalah toolbar yang berisi
sejumlah perintah Customize quick access toolbar
3.
Customize Quick Access Toolbar adalah tombol untuk
memodifikasi perintah-perintah Microsoft Word 2007 pada Quick access toolbar
4.
Tab adalah bagian berbentuk tabulasi yang berisi sejumlah perintah sesuai
dengan kelompoknya yang terdiri dari grup perintah Tab Home, Tab Insert, Tab
Page Layout, Tab References, Tab Mailings, Tab Review dan Tab View
5.
Tombol pengatur jendela terdiri dari :
a.
Minimize adalah tombol untuk meminimalkan jendela
b.
Maximize adalah tombol untuk memaksimalkan jendela
c.
Close adalah tombol untuk menutup jendela
6.
Lambang tab adalah ciri atau tanda posisi tab baris atau
paragraf
7.
Tombol dialog adalah tombol yang digunakan untuk membuka
kotak dialog serta memodifikasi perintah-perintah yang disimpan di dalamnya
8.
View Ruler adalah bagian fasilitas untuk mengatur garis
mistar secara horisontal dan vertikal
9.
Ruler adalah bagian fasilitas untuk mengatur margin atau tabulasi
10. Baris
Penggulung adalah
bagian fasilitas untuk menggulung halaman kerja secara horisontal dan vertikal
11. Baris
Status adalah
bagian fasilitas yang berisi nomor halaman, zoom dsb
12. Halaman
Kerja adalah
media kerja berwarna putih yang tampak pada saat Microsoft Word 2007 diaktifkan
13. Pengatur
Tampilan Halaman Kerja adalah bagian fasilitas untuk mengatur penampilan halaman kerja, seperti
print layout, full screen reading, web layout, outline dan draft
14. Zoom adalah bagian fasilitas
untuk mengatur media tampilan halaman kerja. Tombol plus untuk memperbesar dan
tombol minus sebaliknya.
Mengenal
Elemen Jendela Word
Menu Bar
Menu bar bisa dibilang sama
seperti menu horizontal pada blog, yang mempunyai sub-sub menu. Menu bar
terdiri atas Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, dan View.
Jendela ini umumnya berisi menu tool dan fitur lainnya yang memiliki fungsi
tertentu. Tampilan Ms. Word 2007 memiliki lingkungan kerja yang berisi kumpulan
toolbar. Secara keseluruhan terdapat 7 baris tab utama dalam Microsoft Word
2007. Masing-masing tombol yang terdapat pada setiap tab Microsoft Word 2007
secara maksimal. Berikut ini adalah tampilan dan masing-masing tab dalam
keadaan aktif beserta kelengkapan tombol perintah pengoperasian Microsoft Word
2007.
1. Home
Home merupakan menu utama
yang akan tampil pada saat pertama kali anda membuka word 2007. Menu home
terdiri dari toolbar standar yaitu font, tool bar formatting dan paragraph,
style dan editing serta clipboard.
2. Insert
Tab ini digunakan untuk
memasukkan instruksi-instruksi ke dalam dokumen. Menu insert terdiri dari :
Pages, Tables, Illustrations, Links, Header & Footer, Text, Symbol.
3. Page Layout
Tab page Layout digunakan
untuk mengatur tata letak data, yang meliputi Page Setup, memberiwarna
background pada lembar kerja, mengatur spasi antar baris, membuat kolom pada
teks dan mengatur indentasi. Menu page layout terdiri dari : Themes, Page
Setup, Page Background, Paragraph, Arrange.
4. References
Tab ini dugunakan untuk
memasukkan berbagai perintah seperti menuliskan footnote (catatan kaki),
menyisipkan gambar, dan membuat tanda citasi. Perhatikan tampilan tab
references
Tab References. References
terdiri dari : Table of Contents, Footnotes, Citations & Bibliography,
Captions, Index, Table of Authorities.
5. Mailings
Tab ini berguna untuk
membuat mail merger (surat massal), mengetik teks pada amplop, dan membuat
label. Mailings terdiri dari : create, start mail merge, write & insert
Fields, preview results, finish.
6. Review
Tab Review berguna untuk
mengecek kesalahan tata bahasa serta memproteksi dokumen. Review terdiri dari :
proofing Comments, Tracking, changes, Compare, Protect.
7. View
Tab View digunakan untuk
menampilkan atau mencetak dokumen pada layar, mengatur ukuran cetakannya, dan
menampilkan garis bantu pada lembar kerja. Menu View berfungsi untuk mengatur
tampilan layar dari dokumen yang kita kerjakan. Berikut ini merupakan berbagai
fungsi dari tool-tool yang terdapat dalam menu View.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar